cnh

Kamis, 29 September 2011

RATUSAN HEKTAR SAWAH GAGAL PANEN MELANDA KECAMATAN PADAHERANG

SURYA NUSANTARA CIAMIS
Kemarau panjang yang juga menerpa Kecamatan Padaherang Kabupaten Ciamis membuat sejumlah petani resah karena kebanyakan tanaman padi mereka berpeluang bakal gagal panen.Seperti yang disampaikan SUKIM (55) warga Dusun Nanggewer Rt:010/05 Desa Bojongsari Kecamatan Padaherang  saat ditemui SN di sawahnya, bahwa lahannya seluas 600 bata berisi tanaman padi rusak akibat panjangnya musim kemarau ini.“Selain rusak dan mati, padi juga tidak berisi. Rusak tanaman padi, selain dikarenakan kemarau juga karena besar serta kencangnya angin mempengaruhi pertumbuhan padi,” Ungkap Sukim.
Ketika ditanya, mengenai hama selain kemarau, SUKIM mengatakan, untuk hama selain karena kemarau hama tikus juga menyerang sejumlah persawahan padi di Kecamatan Padaherang. “Lahan persawahan saya juga termasuk menjadi korban hama tikus,” jelasnya.
Menurut Sukim, lahan sawah mereka yang mati dan gagal panen ini adalah lahan sawah yang berada di Blok Cincin Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang yang setiap musim hujan selalu kebanjiran dan saat musim kemarau kering. “Biasanya untuk sawah blok cincin waktu panenan kemarin(sebelum kebanjiran) hasil tanaman padinya selalu bagus,tapi sekarang pendapatan minim untuk bayar pupuk aja kurang” terangnya. 
Saat SN bertemu dengan SAIMAN Perangkat Desa Ciganjeng bagian EKBANG mengatakan bahwa Mengenai adanya gagal panen akibat padi tidak berisi, karena seharusnya bunga padi tersebut saat mulai perkembangannya harus mendapatkan masukan air yang cukup. “Namun karena saat bunga padi mulai berkembang tetapi kondisi air sudah kering, akibatnya perkembangan padi tidak optimal sehingga yang didapat banyak padi yang tidak berisi,” pungkasnya.Warga petani khususnya di Desa Ciganjeng dan se-Kecamatan Padaherang pada musim kemarau sekarang ini banyak  yang dirugikan dari hasil tanaman padinya.(DEH/NO)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money